Menjelajahi Dunia Angka dan Logika: Contoh Soal Ujian Matematika Kelas 7 Semester 1 Beserta Pembahasan Lengkap
Pendahuluan
Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang, namun sebenarnya ia adalah fondasi penting untuk memahami dunia di sekitar kita. Bagi siswa kelas 7, semester pertama adalah masa transisi yang krusial dari pola belajar di sekolah dasar ke tingkat yang lebih kompleks di sekolah menengah pertama. Materi yang diajarkan pada semester ini menjadi dasar bagi konsep-konsep matematika yang akan dipelajari di jenjang selanjutnya.
Memahami konsep dasar dan berlatih mengerjakan soal adalah kunci untuk meraih hasil yang memuaskan dalam ujian matematika. Artikel ini dirancang untuk membantu siswa kelas 7, orang tua, dan guru dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian semester 1. Kami akan menyajikan berbagai contoh soal dari topik-topik utama, dilengkapi dengan pembahasan langkah demi langkah agar pemahaman menjadi lebih mendalam.
Topik-topik yang umumnya diujikan pada matematika kelas 7 semester 1 meliputi:
- Bilangan Bulat dan Pecahan: Operasi hitung, sifat-sifat, perbandingan, dan masalah kontekstual.
- Himpunan: Konsep dasar, notasi, jenis-jenis himpunan, operasi himpunan (gabungan, irisan, komplemen).
- Bentuk Aljabar: Variabel, konstanta, koefisien, suku, operasi hitung bentuk aljabar.
- Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PLSV & PtLSV): Konsep, cara menyelesaikan, dan aplikasi dalam soal cerita.
Mari kita selami satu per satu!
I. Bilangan Bulat dan Pecahan
Topik ini adalah fondasi utama yang akan terus digunakan dalam materi matematika berikutnya. Siswa diharapkan mampu melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan, serta memecahkan masalah yang berkaitan dengannya.
Contoh Soal Pilihan Ganda:
-
Hasil dari $-15 + 7 times (-3)$ adalah…
a. $-36$
b. $-24$
c. $6$
d. $36$Pembahasan:
Ingat urutan operasi: perkalian/pembagian didahulukan sebelum penjumlahan/pengurangan.
$7 times (-3) = -21$
Maka, $-15 + (-21) = -15 – 21 = -36$
Jawaban: a -
Suhu di kota A pada siang hari adalah $28^circtextC$. Pada malam hari, suhu turun $12^circtextC$. Keesokan paginya, suhu naik $5^circtextC$. Berapa suhu di kota A pada keesokan paginya?
a. $21^circtextC$
b. $23^circtextC$
c. $25^circtextC$
d. $28^circtextC$Pembahasan:
Suhu awal = $28^circtextC$
Turun $12^circtextC$: $28 – 12 = 16^circtextC$
Naik $5^circtextC$: $16 + 5 = 21^circtextC$
Jawaban: a -
Urutan pecahan $frac23$, $0.6$, $75%$, $frac58$ dari yang terkecil hingga terbesar adalah…
a. $0.6$, $frac58$, $frac23$, $75%$
b. $frac58$, $0.6$, $frac23$, $75%$
c. $frac23$, $0.6$, $frac58$, $75%$
d. $0.6$, $frac23$, $frac58$, $75%$Pembahasan:
Ubah semua ke bentuk desimal atau pecahan dengan penyebut yang sama:
$frac23 approx 0.666…$
$0.6 = 0.600$
$75% = frac75100 = 0.750$
$frac58 = 0.625$
Urutkan dari terkecil: $0.600$ ($0.6$), $0.625$ ($frac58$), $0.666…$ ($frac23$), $0.750$ ($75%$).
Jawaban: a
Contoh Soal Uraian:
-
Hitunglah nilai dari $1 frac12 + frac34 times (2 – frac13)$!
Pembahasan:
Lakukan operasi dalam kurung terlebih dahulu:
$2 – frac13 = frac63 – frac13 = frac53$
Kemudian, perkalian:
$frac34 times frac53 = frac1512 = frac54$
Terakhir, penjumlahan:
$1 frac12 + frac54 = frac32 + frac54$
Samakan penyebutnya menjadi 4:
$frac64 + frac54 = frac114 = 2 frac34$
Jawaban: $2 frac34$ -
Seorang penyelam berada pada kedalaman $25$ meter di bawah permukaan laut. Ia kemudian naik $10$ meter, lalu menyelam lagi $8$ meter. Berapa posisi penyelam sekarang dari permukaan laut?
Pembahasan:
Posisi awal = $-25$ meter (di bawah permukaan laut)
Naik $10$ meter: $-25 + 10 = -15$ meter
Menyelam lagi $8$ meter: $-15 – 8 = -23$ meter
Jadi, posisi penyelam sekarang adalah $23$ meter di bawah permukaan laut.
Jawaban: $23$ meter di bawah permukaan laut
II. Himpunan
Himpunan adalah kumpulan objek atau benda yang terdefinisi dengan jelas. Topik ini memperkenalkan konsep dasar logika dan pengelompokan.
Contoh Soal Pilihan Ganda:
-
Diketahui himpunan $P = x text adalah bilangan prima kurang dari 10$. Banyak anggota himpunan $P$ adalah…
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6Pembahasan:
Bilangan prima kurang dari 10 adalah $2, 3, 5, 7$.
Jadi, $P = 2, 3, 5, 7$.
Banyak anggota himpunan $P$ adalah $n(P) = 4$.
Jawaban: b -
Jika $A = 1, 2, 3, 4, 5$ dan $B = 2, 4, 6, 8$, maka $A cap B$ (irisan A dan B) adalah…
a. $1, 2, 3, 4, 5, 6, 8$
b. $2, 4$
c. $1, 3, 5$
d. $6, 8$Pembahasan:
Irisan ($A cap B$) adalah anggota yang ada di kedua himpunan.
Anggota yang sama di $A$ dan $B$ adalah $2$ dan $4$.
Jawaban: b -
Diketahui $S = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8$ adalah himpunan semesta. Jika $C = x text adalah bilangan ganjil kurang dari 7$, maka komplemen dari $C$ ($C^c$) adalah…
a. $1, 3, 5$
b. $2, 4, 6$
c. $2, 4, 6, 7, 8$
d. $1, 3, 5, 7, 8$Pembahasan:
Bilangan ganjil kurang dari 7 adalah $1, 3, 5$. Jadi $C = 1, 3, 5$.
Komplemen dari $C$ ($C^c$) adalah anggota himpunan semesta $S$ yang tidak ada di $C$.
$C^c = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 – 1, 3, 5 = 2, 4, 6, 7, 8$.
Jawaban: c
Contoh Soal Uraian:
-
Dalam sebuah kelas terdapat 30 siswa. 18 siswa suka olahraga bulutangkis, 15 siswa suka olahraga renang, dan 7 siswa suka kedua olahraga tersebut.
a. Gambarlah diagram Venn untuk menunjukkan informasi ini.
b. Berapa banyak siswa yang tidak suka kedua olahraga tersebut?Pembahasan:
Misalkan $S$ = Himpunan seluruh siswa
$B$ = Himpunan siswa suka bulutangkis
$R$ = Himpunan siswa suka renang
$n(S) = 30$
$n(B) = 18$
$n(R) = 15$
$n(B cap R) = 7$ (suka keduanya)a. Diagram Venn:
- Jumlah siswa hanya suka bulutangkis: $n(B) – n(B cap R) = 18 – 7 = 11$
- Jumlah siswa hanya suka renang: $n(R) – n(B cap R) = 15 – 7 = 8$
- (Gambar diagram Venn dengan 11 di lingkaran B saja, 7 di irisan, 8 di lingkaran R saja)
b. Siswa tidak suka kedua olahraga:
Total siswa yang suka setidaknya satu olahraga: $n(B cup R) = n(B) + n(R) – n(B cap R)$
$n(B cup R) = 18 + 15 – 7 = 33 – 7 = 26$
Siswa yang tidak suka kedua olahraga = $n(S) – n(B cup R) = 30 – 26 = 4$
Jawaban: a. (Diagram Venn seperti penjelasan di atas), b. 4 siswa
III. Bentuk Aljabar
Bentuk aljabar memperkenalkan penggunaan huruf (variabel) untuk mewakili nilai yang belum diketahui, merupakan jembatan menuju persamaan dan fungsi.
Contoh Soal Pilihan Ganda:
-
Pada bentuk aljabar $3x^2 – 5x + 7$, yang merupakan konstanta adalah…
a. $3$
b. $-5$
c. $7$
d. $x$Pembahasan:
Konstanta adalah suku yang tidak memiliki variabel, yaitu angka tunggal. Dalam bentuk ini, $7$ adalah konstanta.
Jawaban: c -
Bentuk sederhana dari $4a – 7b + 3a + 2b$ adalah…
a. $7a – 5b$
b. $7a + 5b$
c. $a – 5b$
d. $a + 5b$Pembahasan:
Kelompokkan suku-suku sejenis:
$(4a + 3a) + (-7b + 2b)$
$7a – 5b$
Jawaban: a -
Hasil perkalian dari $(2x + 3)(x – 5)$ adalah…
a. $2x^2 – 7x – 15$
b. $2x^2 + 7x – 15$
c. $2x^2 – 13x – 15$
d. $2x^2 + 13x – 15$Pembahasan:
Gunakan metode FOIL (First, Outer, Inner, Last) atau perkalian distributif:
$(2x)(x) + (2x)(-5) + (3)(x) + (3)(-5)$
$2x^2 – 10x + 3x – 15$
$2x^2 – 7x – 15$
Jawaban: a
Contoh Soal Uraian:
-
Sederhanakan bentuk aljabar berikut: $5(2x – 3y) – 3(4x + y)$!
Pembahasan:
Gunakan sifat distributif:
$5(2x – 3y) = 10x – 15y$
$-3(4x + y) = -12x – 3y$
Gabungkan hasilnya:
$(10x – 15y) + (-12x – 3y)$
$10x – 12x – 15y – 3y$
$-2x – 18y$
Jawaban: $-2x – 18y$ -
Sebuah persegi panjang memiliki panjang $(3x + 2)$ cm dan lebar $(x – 1)$ cm.
a. Tuliskan keliling persegi panjang tersebut dalam bentuk aljabar paling sederhana!
b. Jika $x = 5$, hitunglah keliling persegi panjang tersebut!Pembahasan:
a. Rumus keliling persegi panjang $K = 2(p + l)$
$K = 2((3x + 2) + (x – 1))$
$K = 2(3x + x + 2 – 1)$
$K = 2(4x + 1)$
$K = 8x + 2$ cm
b. Jika $x = 5$:
$K = 8(5) + 2$
$K = 40 + 2$
$K = 42$ cm
Jawaban: a. $(8x + 2)$ cm, b. $42$ cm
IV. Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PLSV & PtLSV)
Topik ini mengajarkan bagaimana mencari nilai variabel yang tidak diketahui dalam suatu persamaan atau pertidaksamaan.
Contoh Soal Pilihan Ganda:
-
Nilai $x$ yang memenuhi persamaan $3x – 5 = 10$ adalah…
a. $3$
b. $5$
c. $15$
d. $30$Pembahasan:
$3x – 5 = 10$
Tambah $5$ di kedua ruas:
$3x = 10 + 5$
$3x = 15$
Bagi $3$ di kedua ruas:
$x = frac153$
$x = 5$
Jawaban: b -
Penyelesaian dari pertidaksamaan $2x + 4 < 10$ adalah…
a. $x < 3$
b. $x > 3$
c. $x < 7$
d. $x > 7$Pembahasan:
$2x + 4 < 10$
Kurangi $4$ di kedua ruas:
$2x < 10 – 4$
$2x < 6$
Bagi $2$ di kedua ruas:
$x < frac62$
$x < 3$
Jawaban: a -
Jumlah tiga bilangan ganjil berurutan adalah 63. Bilangan ganjil terbesar adalah…
a. 19
b. 21
c. 23
d. 25Pembahasan:
Misalkan bilangan ganjil pertama adalah $x$.
Maka bilangan ganjil kedua adalah $x + 2$.
Dan bilangan ganjil ketiga adalah $x + 4$.
$x + (x + 2) + (x + 4) = 63$
$3x + 6 = 63$
$3x = 63 – 6$
$3x = 57$
$x = frac573$
$x = 19$ (Ini adalah bilangan ganjil pertama)
Bilangan ganjil terbesar adalah $x + 4 = 19 + 4 = 23$.
Jawaban: c
Contoh Soal Uraian:
-
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan $2(3x – 4) = 4x + 6$ untuk $x$ bilangan bulat!
Pembahasan:
$2(3x – 4) = 4x + 6$
$6x – 8 = 4x + 6$ (Distributif)
Kurangkan $4x$ dari kedua ruas:
$6x – 4x – 8 = 6$
$2x – 8 = 6$
Tambahkan $8$ ke kedua ruas:
$2x = 6 + 8$
$2x = 14$
Bagi $2$ di kedua ruas:
$x = frac142$
$x = 7$
Himpunan penyelesaiannya adalah $7$.
Jawaban: $7$ -
Selesaikan pertidaksamaan $-3x + 7 le 19$ dan gambarkan himpunan penyelesaiannya pada garis bilangan!
Pembahasan:
$-3x + 7 le 19$
Kurangkan $7$ dari kedua ruas:
$-3x le 19 – 7$
$-3x le 12$
Bagi kedua ruas dengan $-3$. Ingat, jika dibagi atau dikali bilangan negatif, tanda pertidaksamaan harus dibalik!
$x ge frac12-3$
$x ge -4$
Himpunan penyelesaiannya adalah $ x ge -4, x in textbilangan real$.
Garis bilangan:
(Garis lurus dengan titik padat (tertutup) di -4 dan panah menunjuk ke kanan)
Jawaban: $x ge -4$, dengan garis bilangan yang menunjukkan nilai dari -4 ke kanan.
Tips dan Strategi Menghadapi Ujian Matematika
- Pahami Konsep, Bukan Hanya Menghafal: Matematika membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang "mengapa" suatu rumus atau metode bekerja, bukan hanya "bagaimana" menggunakannya.
- Latihan Rutin: Konsistensi adalah kunci. Kerjakan berbagai jenis soal dari setiap topik, termasuk soal cerita. Semakin sering berlatih, semakin terbiasa Anda dengan berbagai pola soal.
- Buat Catatan Ringkas: Rangkum rumus-rumus penting, definisi, dan langkah-langkah penyelesaian untuk setiap topik. Ini akan sangat membantu saat mengulang pelajaran.
- Tanyakan Jika Tidak Paham: Jangan ragu bertanya kepada guru atau teman jika ada materi atau soal yang sulit dipahami. Lebih baik bertanya sekarang daripada bingung saat ujian.
- Manajemen Waktu: Saat ujian, baca setiap soal dengan teliti. Dahulukan soal yang Anda anggap mudah untuk membangun rasa percaya diri dan menghemat waktu. Jangan terlalu lama terpaku pada satu soal yang sulit.
- Periksa Kembali Jawaban: Setelah selesai, luangkan waktu untuk memeriksa kembali semua jawaban Anda, terutama untuk perhitungan yang rawan kesalahan.
- Istirahat Cukup: Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum hari ujian. Otak yang segar akan bekerja lebih optimal.
- Jaga Kesehatan: Tubuh yang sehat akan mendukung pikiran yang jernih. Konsumsi makanan bergizi dan hindari begadang.
Kesimpulan
Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi ujian matematika kelas 7 semester 1. Dengan memahami konsep-konsep dasar bilangan, himpunan, aljabar, serta persamaan dan pertidaksamaan linear, ditambah dengan latihan soal yang konsisten, Anda akan membangun fondasi yang kuat. Ingatlah bahwa setiap kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Teruslah berusaha, jangan menyerah, dan percayalah pada kemampuan diri Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu dalam ujian!